Fakta Naik Turun Tangga dapat Memperpanjang Usia

Naik tangga merupakan pelatihan bagi tubuh yang sangat baik, menurut para ahli pengetahuan, naik turun tangga dikatakan sebagai "Rajanya Olahraga", terbukti dapat menguras energi. Menaiki tangga dengan kecepatan normal, dapat menguras 845 focal (202 cal) kalori, dan kalori yang dikeluarkan turun tangga 1/3 dari naik tangga, selain itu, kalori yang dikeluarkan saat menaiki tangga adalah 10 kali lebih besar dibandingkan dengan duduk, 4 kali lebih besar dari berjalan, dan 2,5 kali lebih besar dari berenang, dan 94% lebih banyak dari pada bermain bulu tangkis.
 
Menaiki tangga, kelihatannya hanya olah raga di bagian ke dua kaki, tetapi sebenarnya, bagian atas tubuh juga sedang melakukan olahraga keseimbangan, olah raga pada keseluruhan tubuh dapat mempercepat peredaran aliran darah, sehingga detak jantung menjadi lebih cepat, pernafasan cepat, dengan begitu persediaan oksigen dalam tubuh juga terjamin. Selain itu juga dapat memperbaiki fungsi paru paru, mempertebal dan memperkuat otot jantung, keaktifan paru paru juga bertambah sehingga dengan sering menaiki tangga dapat meningkatkan kesehatan tulang, meningkatkan kebugaran fisik dan memperpanjang usia. Tentu saja, bagi penderita penyakit jantung olah raga jenis ini "Harus disesuaikan dengan penyakit mereka yang tidak boleh dipaksakan" .

Ketua Penelitian Dr. Phillippe Meyer mengungkapkan, naik tangga membawa pengaruh besar terhadap kesehatan seseorang. Data dari Harvard Alumni Health Study juga menemukan, menaiki 35 anak tangga atau lebih dalam seminggu, harapan hidupnya secara signifikan lebih lama dibandingkan orang yang hanya naik 10 anak tangga per minggunya.

Di luar negeri, ada yang menyebut naik tangga adalah "Rajanya Olahraga", jenis olah raga ini tidak mengenal batas waktu dan syarat kondisi apapun (kecuali penyakit penyakit tertentu), oleh karena itu disarankan bagi yang tinggal di rumah bertingkat, setiap harinya menaiki tangga sekali, dapat meningkatkan kualitas tubuh.

Kesimpulan > >
". . .Sebuah penelitian yang dilakukan di Swiss menemukan bahwa orang yang mengganti kebiasaannya naik eskalator dengan menaiki tangga resiko meninggal dalam usia muda berkurang hingga 15% . ."

0 Response to "Fakta Naik Turun Tangga dapat Memperpanjang Usia"

Posting Komentar