Fakta Tentang Soda [Soft Drink]

Sekarang ini banyak bermunculan minuman bersoda dengan berbagai merek. Dan banyak juga orang yang menyukai minuman tersebut. Akan tetapi tahukah Anda fakta tentang minuman soda bagi kesehatan? Minuman bersoda ini sangat berbahaya bagi kesehatan jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan dan dengan jangka waktu yang lama. Inilah fakta tentang minuman bersoda bagi kesehatan :

1.Minuman soda sama dengan minuman segelas penuh gula
Soft drink adalah minuman yang mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Asupan gula dengan kadar yang tinggi akan mengakibatkan diabetes dan obesitas. Resiko azeimer juga sangat besar jika anda terlalu sering mengkonsumsi gula.

2.Soda / soft drink membuat tubuh rentan
Derajat keasaman (pH) rata rata tubuh manusia adalah 7.0, sedangkan pH berbagai soft drink 2,5 (semakin tinggi keasamannya). Kondisi keasamaan tubuh yang tinggi akan mengakibatkan tubuh rentan terhadap penyakit. Soft drink atau makanan berasam akan meninggalkan asam di dalam tubuh.. Hal ini akan menyebabkan berbagai macam penyakit kronis, seperti kanker dan arthritis.

3. Soft drink merusak tulang
Di antara bahan aktif soda adalah asam folfat. Tahukah Anda mengenai asam folfat yang mampu melebur paku hanya dalam 4 hari ? Apa yang terjadi jika kita sering mengkonsumsi soft drink? Jika darah Anda lebih banyak mengandung fosfor dari pada kalsium maka kalsium akan terdorong keluar dari tulang. Proses ini menyebabkan tulang menjadi rapuh dan meningkatkan resiko keropos atau patah.

4. Sof drink merusak gigi
Soft drink dapat merusak gigi, karena kandungan asam dapat melarutkan lapisan enamel gigi (email) dan membusukkan gigi. Sehingga gigi dapat berlubang atau bahkan patah.

5. Soft drink dapat mengganggu perkembangan otak
Beberapa jenis soft drink khususnya cola, mengandung kafein dalam kadar yang sama dengan teh atau kopi. Sifat stimulan dalam kafein dan potensi kecanduan (adiktif) memiliki efek buruk terhadap perkembangan otak.

6. Minum soft drink bisa jadi " meminum alumunium"
Kebanyakan soft drink yang dikemas dalam kaleng beralumunium biasanya memiliki lapisan pelindung untuk mencegah kandungan asam di dalam minuman melarutkan alumunium. Jika kemudian ada cacat atau kerusakan kemasan baik pada saat proses di pabrik atau setelah Anda menerima dari penjual, sangat mungkin zat alumunium tercampur dalam minuman. Dalam jangka panjang, bertahun tahun, alumunium akan mengendap dan bertambah konsentrasinya didalam tubuh kita. Hal ini memicu terjadinya penyakit ginjal, kerusakan otak, dan alzheimer.

Kesimpulan > >
" . . . Soft drink atau makanan berasam akan meninggalkan asam didalam tubuh.. Hal ini akan menyebabkan berbagai macam penyakit kronis seperti kanker dan arthritis. . ."


source : Giovanni Andri

0 Response to "Fakta Tentang Soda [Soft Drink]"

Posting Komentar