Fakta Unik Tentang Kopi

Kopi, minuman hitam dengan aroma khas ini memang menjadi favorit banyak orang. Bahkan, beberapa orang merasa belum bisa berkonsentrasi dan berfikir dengan baik jika belum mengkonsumsi kopi saat memulai harinya. Dan ternyata kopi mempunyai banyak manfaatnya. Nah, berikut beberapa fakta mengejutkan seputar kopi yang mungkin bagi kebanyakan orang belum di ketahuinya.




1. Cegah depresi dan timbulkan efek tenang
Banyak penikmat kopi pagi akan bilang bahwa kopi itu bisa melambungkan semangat. Namun , kini ada fakta ilmiah yang membuktikan itu. Sebuah penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health yang dipublikasikan di Archives of Internal Medicine bulan lalu mengungkapkan bahwa para wanita yang secara teratur minum kopi berkafein memiliki resiko depresi 20% lebih rendah dibandingkan dengan yang tak pernah minum kopi. Penelitian ini, yang diikuti sekelompok wanita selama 10 tahun, menemukan fakta bahwa semakin banyak kita mengkonsumsi kopi (hingga empat cangkir per hari), kita akan semakin jauh dari depresi.

2. Kurangi resiko kanker kulit
Keluar rumah dan terkena langsung sinar matahari menyebabkan anda sering menggunakan produk - produk berbahan SPF (Sun Protection Factor), yang menjadi salah satu pelindung kulit dari penyakit kanker kulit. Sebuah studi terbaru dari Brigham dan Women’s Hospital menemukan bahwa wanita yang minum lebih dari 3 cangkir kopi sehari, 20% lebih rendah terkena kanker kulit (Basal Cell Carcinoma) dan pada pria juga 9% menurunkan resiko terkena hal serupa. Namun dalam penelitian ini tidak menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi dapat mengurangi dari serangan squamous cell carcinoma atau melanoma, kanker kulit paling mematikan.

3.Tingkat kesuburan pria
Penelitian menunjukkan bahwa kafein memiliki efek positif pada perpindahan sper** pria untuk bergerak kearah sel telur wanita, sehingga dapat meningkatkan peluang kesuburan. Kata John Wilcoz, managing partner and reproductive endocrinologist at HRC Fertility in California. Bahkan Studi yang dilakukan di University of Sao Paulo menemukan bahwa perpindahan sper** lebih tinggi terjadi pada peminum kopi dibandingkan mereka non peminum kopi. Hal ini tidak membedakan banyaknya kopi yang dikonsumsi, tidak peduli satu atau sepuluh cangkir perhari. Satu satunya yang membedakan adalah mereka peminum kopi dan non peminum kopi.

4.Mengurangi resiko stroke
Sebuah penelitian melalui studi kasus terhadap sejumlah wanita telah menunjukan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi dalam standar konsumsi yang baik ternyata lebih rendah resikonya terhadap serangan stroke dari yang tidak mengkonsumsi kopi. Hal itu di dukung dengan hasil penelitian lain di Finlandia membenarkan hasil studi kasus tersebut.

Tetapi jangan minum kopi lebih dari 5 gelas perhari, karena akan meningkatkan terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah.

Kesimpulan > >
“. . .Mengkonsumsi kopi itu baik, tetapi jika dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan pada dinding pembulu darah . . .”

0 Response to "Fakta Unik Tentang Kopi"

Posting Komentar